coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

03 Juni, 2010

Gua Terbesar

Di posting oleh Annaas Pamungkas

          Tentunya kita sering mendengar kata goa, pikiran kita pasti terbayang sebuah tempat yang gelap dengan memiliki lorong dengan arah yang tidak menentu dan tempat berkumpulnya para makhluk malam seperti kelalawar. Saya pernah membaca sebuah artikel elektronika yang mengatakan bahwa terdapat goa terbesar di dunia dan tempat itu terdapat di negara Vietnam. Nama goa tersebut yaitu Gua Hang Son Doong yang terdapat di dalam Taman Nasional Phong Nha-Khe Bang, Vietnam. Goa yang diberi nama Hang Son Doong atau yang memiliki arti goa sungai pegunungan. Lebar rongga gua tersebut mencapai 150 meter dengan tingginya 200 meter dan memiliki panjang 6,5 kilometer, namun ujung rongga tersebut masih berlanjut dengan didnding kalsit setinggi 45 meter.
          Gua tersebut ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh pada tahun 1991, namun tidak seorang pun yang pernah menyusuri dikarenakan besarnya dan tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar. Sebanyak 13 orang yang merupakan gabungan penjelajah dari Universitas Sains Vietnam dan penjelajah Inggris yang menggelar Caving Expedition 2009 untuk masuk ke dalam gua tersebut. Tim gabungan tersebut telah menghabiskan waktu selama lima hari pada pertengahan bulan april untuk melakukan survei jalur dari gua tersebut dengan membawa sebuah alat ukur berbasis LaserRace 300, dengan alat tersebut tim gabungan dapat mengukur tinggi dari langit-langit dan lebar rongga di sepanjang perjalanan dengan memiliki harapan dapat membuat peta dari lorong gua tersebut.



Sumber
www.kompas.com



Tidak ada komentar: