coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

03 Juni, 2010

Mengatasi Ngilu pada Gigi

Di posting oleh Annaas Pamungkas

     Setiap hari kita makan pastinya melalui mulut dan dibantu oleh gigi dan lidah untuk menelan dan memproses sebelum masuk ke dalam perut untuk di olah lebih lanjut. Setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda, ada yang tidak pernah merawat giginya hingga hancur dan ada yang benar-benar merawat gigi tersebut hingga terlihat rapih, bersih dan sehat. Dan juga setiap orang memiliki kesensitifan yang berbeda pada gigi. Setelah saya baca sebuah artikel media elektronik yang menjelaskan tentang mengatasi gigi sensitif, saya dapat mengambil pelajaran dari informasi dan pengetahuan tersebut. Jika kita merasakan rasa ngilu pada gigi sebaiknya kita tidak menganggap remeh masalah tersebut. Rasa ngilu pada gigi disebabkan karena runtuhnya email gigi yang memiliki guna sebagai pelindung syaraf pada gigi. Sehingga mengakibatkan apapun makanan yang masuk langsung berhubungan dengan syaraf gigi. Jika kita tidak menanggulangi rasa ngilu tersebut maka akan mengakibatkan berdampak jangka panjang seperti gigi akan meradang dan yang pada akhirnya terjadinya pembusukan pada gigi dan mengancam keberadaan organ lain pada tubuh. Terdapat tips-tips yang sudah direkomendasikan oleh seorang pakar gigi dari Bagian Ilmu Kesehatan Gigi, Fakultas kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Bandung, yang bernama Sri Susilowati yakni:

~        Cara untuk penanggulangan rasa ngilu tersebut tergantung pada kasusnya. Bila disebabkan oleh kesalahan tambalan pada gigi sebaiknya diperbaiki tambalan itu. Bila disebabkan oleh kesalahan dalam menyikat gigi maka harus mengetahui cara memilih sikat dan menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar.

~        Gunakan pasta gigi yang mengandung potasium citrate.

~        Mengkonsumsi gizi yang seimbang, kaya akan gandum murni, buah dan sayuran.

~        Tambahkan sayur ketika makan daging untuk memproduksi air liur dan komposisi nutrisi harus mengandung kalsium, fosfat, protein guna meremineralisasi kondisi kesehatan mulut dan gigi.



Sumber
www.republika.com

Tidak ada komentar: