coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

20 April, 2011

Penjelasan Abstraksi



Di Posting oleh Annaas Pamungkas
Tugas Bahasa Indonesia#2 ke-3


ABSTRAKSI


Annaas Pamungkas. 20108266
SIRKULASI UDARA OTOMATIS BERBASIS ATMEGA8535
PI. Sistem Komputer. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Universitas Gunadarma. 2011
Kata Kunci : Sirkulasi udara, Mikrokontroller ATMEGA8535, Sensor Suhu, Pendeteksi Objek


            Pergantian udara atau yang lebih dikenal sirkulasi udara merupakan suatu keharusan yang dibutuhkan oleh setiap penghuni ruangan untuk mendapatkan udara yang bersih dan sehat.
Perancangan alat ini menciptakan kemudahan dalam proses sirkulasi udara. Banyaknya tempat kos dan kontrakan dengan ruangan yang cukup sempit dan tertutup menyebabkan sulitnya untuk terjadinya pergantian udara di dalam ruangan tersebut dengan udara luar. Dengan memanfaatkan rancangan alat yang sederhana ini dapat memudahkan bagi para penghuninya dalam pergantian udara yang mereka tempati. Kipas, pendeteksi objek dan penampil suhu ini dikontrol dengan menggunakan mikrokontroller ATmega8535, menggunakan sensor suhu, LDR dan LED yang digunakan untuk mendeteksi suhu ruangan serta pendeteksi objek para penghuni dari ruangan tersebut. Keseluruhan komponen-komponen tersebut akan saling terintegrasi untuk  mendukung kinerja dari perancangan alat.


            Pada abstraksi diatas merupakan salah satu isi yang akan ada pada penelitian ilmiah saya dengan judul SIRKULASI UDARA OTOMATIS BERBASIS ATMEGA8535. Pengerjaan alat tersebut harus tertunda karena terdapatnya proyek-proyek dari praktikum yang harus dikerjakan dengan batas waktu tertentu. Dari segi pembuatan makalahnya harus di tunda pula agar menyelesaikan proyek dengan tepat waktu. Tidak adanya kesempatan untuk memulainya maka membuat saya menunda-nunda penyelesaian penelitian ilmiah tersebut. Terdapat kendala-kendala yang saya harus hadapi dalam merancang alat tersebut yakni saya harus membuat layout ulang, komponen yang konslet dan harus diganti dan dipasang kembali, mengerjakan alat tersebut dengan kondisi lelah dan kendala-kendala lainnya. Tetapi dari dukungan dan doa orang-orang sekitar saya dapat membuat tetap semnagat untuk menyelesaikan perancangan alat tersebut.
        Dengan perancangan alat tersebut diharapkan menjadi bermanfaat bagi para penghuni kos-kosan yang ditinggali oleh para pekerja dan mahasiswa dalam segi kesehatan agar kondisi udara didalam ruangan yag mereka tempati bersih dan sehat dengan membuang atau menggantikan udara tersebut terhadap udara luar ruangan. Kadangkala penghuni ruangan merasa malas untuk membuka tutup jendela, itu juga jika kamar tersebut terdapat jendela yang dapat terbuka-tertutup untuk sirkulasi udara. Jika udara di dalam ruangan tidak berganti, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan para penghuni di dalam ruangan tersebut. Dengan perancangan alat tersebut dapat pula membuang udara panas yang menempati ruangan tersebut dengan secara otomatis. Dengan kemajuan teknologi dapat diharapkan mampu memudahkan pekerjaan manusia. Walaupun alat tersebut terlihat sederhana, yang saya harapkan dapat dikembangkan oleh siapa saja agar kesehatan setiap penghuni ruangan tetap terjaga.

Tidak ada komentar: