coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

11 April, 2011

Tips Sederhana untuk Menanggulangi Kelupaan


Diposting oleh Annaas Pamungkas
Tulisan Bahasa Indonesia#2 ke-3


Terdapat beberapa tips yang saya terima informasi ini dari suatu media elektronik yang dapat kita coba lakukan untuk mengatasi lupa yang berlebih, yaitu :

- Menjaga pikiran tetap siap
Stimulus intelektual merupakan menjadi kunci meningkatkan daya ingat seperti, membaca, mengerjakan teka teki silang, merencanakan perjalanan menyenangkan, melakukan hobi atau belajar kemampuan baru seperti komputer dan bahasa asing dapat membantu menajamkan memori.

- Buat petunjuk sistem memori
Ingat suatu istilah semakin banyak informasi semakin besar kita menjadi lupa. Untuk mengingatkan diri sendiri mengenai hal-hal penting, cobalah untuk melakukan contoh kecil seperti, Jika harus mengembalikan sesuatu atau memberi seseorang sesuatu, simpan ditempat yang selalu dapat terlihat atau dekat sesuatu yang setiap hari memang posisi barang itu biasanya berada, seperti kumpulan alat-alat tulis yang setiap kita gunakan kembalikan pada posisinya.

- Interaksi sosial
Berhubungan sosial dengan orang-orang yang ada di sekeliling kita dapat membantu terhindar dari penyakit lupa. Penelitian bahkan menujukan lebih banyak seseorang berinteraksi sosial, semakin kecil mereka mengalami kerusakan fungsi kognitif.

- Makan makanan peningkat daya ingat
Makanan yang kita makan akan memberikan pengaruh terhadap aktivitas tubuh. Contohnya saja wortel mentah dan buah-buahan segar mempunyai peran besar menstimulus fungsi otak seperti daya ingat. Gula alam yang terkandung dalam buah-buahan sebenarnya dapat membantu kita berpikir dan mengingat kembali informasi lebih cepat.

- Olahraga
Olahraga aerobik seperti berenang, jalan kaki dan sepeda dapat memompa oksigen ke dalam otot dan meningkatkan aliran darah dalam otak sehingga hasilnya otak lebih mudah mengingat sesuatu.

Tidak ada komentar: