coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

03 Maret, 2010

Menjaga Mata Tetap Sehat





Di posting oleh Annaas Pamungkas



          Kita pasti mengetahui apa fungsi dan guna mata. Mata digunakan untuk melihat seluruh obyek yang kita ingin lihat, bagaimana jika kita tidak dapat melihat? Betapa gelapnya dunia ini, oleh karena itu alangkah baiknya kita bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita. Mata merupakan organ penting manusia yang digunakan untuk melihat, maka kita harus menjaga mata kita dengan baik. Untuk menjaga mata agar tetap sehat dan jernih, ada sedikit tips yang dapat kita lakukan :

a)     Saat kita menonton, alangkah baiknya jika kita tidak menonton televisi terlalu lama dan terlalu dekat.
b)     Saat kita menghadapi layar monitor komputer, sebaiknya tidak terus-menerus menghadapinya tetapi berikan selingan waktu untuk mengistirahatkan mata.
c)      Saat membaca buku, berikanlah jarak yang aman dalam membaca buku yaitu sekitar kurang lebih 30 cm. Gunakan penerangan yang memadai saat membaca buku. Ketika membaca buku, sebaiknya tidak sambil tiduran.
d)     Saat kita berkendara, sebaiknya gunakan pelindung mata agar terhindar dari debu dan kotoran masuk ke mata dan menyebabkan terjadinya infeksi.
e)     Konsumsilah asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan mata. Kita dapat mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin A seperti buah apel, wortel dan lain sebagainya.


 
    

Tidak ada komentar: