coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

16 Maret, 2010

User Interface Management Systems (UIMS)


Di posting oleh Annaas Pamungkas

            User Interface mencakup semua aspek penghubung antara pemakai dengan system. Yang ternasuk hardware, software, pengguna, aksesibilitas, interaksi manusia dan komputer. Untuk mengelola UI digunakan User Interface Management System (UIMS). User Interface Management System (UIMS) termasuk GUI, Natural language processor, berinteraksi dengan model management dan data management subsystems.
Contoh :
·         Speech recognition
·         Display panel
·         Tactile interfaces
·         Gesture interface

            Set dari pemrograman dan teknik desain yang dapat menambah level lain dari servis untuk desain system interaktif selain level toolkit adalah system manajemen interface user (UIMS) ini. Focus utama dari UIMS :
·         Arsitektur konseptual untuk struktur dari system interaktif yang dikonsentrasikan pada pemisahan semantic aplikasi dan presentasi.
·         Teknik untuk mengimplementasikan aplikasi dan presentasi secara terpisah. 
·         Teknik pendukung untuk menangani, mengimplementasikan, dan mengevaluasi lingkungan interaksi yang sedang berjalan.

UIMS Sebagai Arsitektur Konseptual
            Isu utama adalah bagaimana memisahkan antara semantic aplikasi dan interface yang tersedia bagi user. Banyak argument yang baik untuk mendukung pemisahan ini, yaitu :
·         Portability  
Agar aplikasi yang sama dapat digunakan di system yang berbeda maka membuat aplikasinya sebaiknya terpisah dari interface device-dependent-nya.
·         Reusability
Pemisahan meningkatkan komponen untuk dapat digunakan kembali agar dapat mengurangi biaya.
·         Multiple interfaces
Untuk meningkatkan fleksibilitas aplikasi yang interaktif, beberapa interface yang berbeda dibuat untuk mengakses fungsionalitas yang sama.
·         Customization
interface user dapat dikustom oleh desainer dan user untuk meningkatkan keefektifan tanpa mengubah aplikasi.

            Sekali aplikasi dan presentasi dipisahkan, komunikasi antara keduanya perlu dipertimbangkan, ini yang disebut sebagai control dialog. Secara konseptual, ada 3 komponen utama dari system interaktif aplikasi, presentasi dan control dialog.

Komponen logika dari UIMS
·         Presentasi
Komponen bertanggungjawab atas tampilan interface, termasuk output dan input yang tersedia bagi user.
·         Control dialog
Komponen mengatur komunikasi antara presentasi dan aplikasi.
·         Interface aplikasi
Pandangan dari semantic aplikasi yang disediakan sebagai interface.

            Model Seeheim berikut memasukkan aplikasi dan user dalam konteks dari system interaktif meskipun tidak secara eksplisit karena hanya memodelkan komponen logika UIMS bukan system interaktif secara keseluruhan. Dengan tidak membuat aplikasi secara eksplisit ada di model, control dialog eksternal perlu diasumsikan. Dari sudut pandang pemrogram, model Seeheim ini sesuai dengan adanya pembedaan antara lapis leksikal klasik, sintaksis dan semantic dari system computer. Masalah utama dari model Seeheim ini adalah meskipun terlayani baik pada akhirnya, tetapi tidak terlihat bagaimana arah sebenarnya dari kemungkinan UIMS distrukturkan. Gambar tersebut menunjukkan alasan efisiensi yang mungkin dengan dilewatkan/ dihindarkannya komponen control dialog secara eksplisit sehingga aplikasi memberikan respon semantic aplikasi yang lebih besar. Kotak kosong tersebut ada karena logika tidak dipisahkan dari implementasi. Selain itu model Seeheim tidak menginformasikan bagaimana membangun system interaktif yang besar dan kompleks dari komponen yang lebih kecil.

 
            Paradigma Model View Controller (MVC) menangani masalah Seeheim di atas. Pada pemrograman Smalltalk, link antara semantic aplikasi dan presentasi dapat dibangun dari tiga serangkai MVC ini. Smalltalk adalah system pemrograman berorientasi objek yang berhasil membangun system interaktif baru berdasarkan system yang sudah ada.

 
 
            Model MVC menunjukkan semantic aplikasi, view menangani output grafik atau teks dari aplikasi dan pengontrol menangani input. Perilaku dasar dari model ini adalah view dan pengontrol ditempelkan/ dimasukkan dalam kelas objek umum dari Smalltalk yang diwariskan dari instant dan dimodifikasi.
            Model Coutaz berikut merupakan system interaktif berasitektur multi agent, disebut model Presentation Application Control (PAC). Model ini berbasis tiga serangkai pula, semantic aplikasi dilambangkan dengan komponen abstraksi, input dan output digabungkan dalam satu komponen presentasi dan ada komponen control eksplisit yang menangani dialog dan menghubungkan aplikasi dan presentasi.
 
              Ada 3 perbedaan penting antara PAC dan MVC. Pertama adalah PAC menggabungkan input dan output, MVC memisahkannya. PAC menyediakan komponen eksplisit  yang tugasnya melihat kekonsistenan antara abstraksi dan presentasi, dimana MVC tidak menugaskan ke salah satu komponen. PAC tidak berhubungan dengan lingkungan pemrograman apapun, secara kondusif merupakan pendekatan berorientasi objek. Perbedaan yang terakhir ini yang membuat PAC mudah mengisolasi komponen control; PAC lebih merupakan arsitektur konseptual dibandingkan MVC karena kurang implementation dependent.

Implementasi UIMS
Teknik-teknik untuk kontroler dialog :
·         Jaringan menu
·         Notasi grammar (tata bahasa)
·         Diagram transisi state
·         Bahasa event
·         Bahasa deklaratif
·         Batasan-batasan
·         Spesifikasi grafis
Sumber :
www.google.com


Tidak ada komentar: