coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

12 Maret, 2010

Teknik Evaluasi pada Sistem Interaktif


Di posting oleh Annaas Pamungkas

            Yang dimaksud teknik evaluasi dalam teknik interaktif merupakan pemanfaatan untuk melihat hasil rancangan dengan proses uji coba system yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna (user). Proses ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle, dengan hasil dari evaluasi dikembalikan untuk memodifikasi perancangan. 


Tujuan Evaluasi
Terdapat  3 tujuan dari evaluasi :
1.      Melihat seberapa jauh sistem berfungsi.
Desain sistem memungkinkan pengguna (user) melakukan tugas yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Hal ini tidak hanya membuat fungsionalitas yang sesuai ada di sistem, akan tetapi membuat menjadi mudah dicapai oleh pengguna (user), pengguna (user) dapat melakukan aksi untuk melaksanakan tugas. Dan juga mencakup kesesuaian penggunaan sistem terhadap harapan pengguna (user) pada tugas tersebut. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari pengguna (user) pada sistem, untuk melihat keefektifan sistem dalam mendukung tugas.
2.      Melihat efek interface bagi pengguna.
Hal ini meliputi pertimbangan aspek dari kemudahan mempelajari sistem, usability dan perilaku pengguna (user). Dan penting juga untuk mengidentifikasikan area desain yang berlebih dari pengguna (user), dengan menggunakan sejumlah informasi yang berlebih.
3.      Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada sistem.
Ketika menggunakan konteks yang diinginkan, menyebabkan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi kekacauan diantara user. Hal ini tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari desain (bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini merupakan aspek negatif dari desain.

Tidak ada komentar: