coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

23 Mei, 2010

Menjaga Kesehatan Mata

Di posting oleh Annaas Pamungkas

          Dengan apakah kita melihat obyek-obyek di sekitar kita???Ya tentunya kita memiliki mata yang dapat digunakan untuk melihat. Kita tentunya sudah sepantasnya bersyukur kepada Tuhan semesta alam atas apa yang Dia berikan kepada kita. Usia akan terus bertambah dengan seiringnya waktu. Seiring dengan penambahan usia tersebut, fungsi pengelihatan mata pun akan turut menurun. Kita harus menjaga mata kita agar sehat lebih lama. Paling tidak meskipun usia mulai lanjut tetap dapat bisa membaca, walaupun tidak sepenuhnya dapat melihat dengan jelas.
          Terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu memilih makanan yang tepat dan dapat melindungi mata. Makanan tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti terdapat pada brokoli, kiwi, atau jeruk. Kandungan antioksidan dari makanan tersebut mampu membersihkan radikal bebas di retina. Selain itu pula mengkonsusmsi ikan seperti salmon,sardin, kembung, atau hering, minimal dua kali dalam seminggu dapat memperkuat sel saraf di retina karena semuanya mengandung asam lemak Omega 3. Kita juga harus menghindari hal-hal yang menyebabkan tekanan darah kita meningkat, dikarenakan dapat mengganggu aliran darah ke mata sehingga menyebabkan kurangnya nutrisi yang masuk ke retina. Kemudian, diupayakan makan telur setiap harinya, karena kandungan yang terdapat pada kuning telur banyak mengandung lutein dan zeaxanthin yang memiliki fungsi melindungi mata dari bahaya sinar matahari terik.
          Untuk perlindungan dari luar yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara menghindari aktivitas di luar ruangan secara berlebihan, terutama sekitar jam 10 siang hingga jam 4 sore, di saat matahari terik muncul. Menggunakan kacamata hitam (sunglasses) sesuai standar yang dapat meredam panacaran sinar matahari dari luar,dan memiliki lapisan pelindung mata dari sinar UV(baik itu UV-A maupun UV-B).



Sumber
Media cetak ”Warta Kota”

Tidak ada komentar: