coba_dulu

silahkan_menikmati_blog_ini

23 Mei, 2010

Pemilihan Password

Di posting oleh Annaas Pamungkas

            Tentunya kita sering menggunakan sebuah system, baik itu system komputerisasi maupun manual. Kita pastinya harus menjaga dan mengamankan isi dari system tersebut dengan baik dan benar. Penjagaan dan pengamanan system tersebut menggunakan password atau kata kunci untuk memasuki dari isi system. Password atau kata kunci merupakan suatu kata yang sering kali kita dengar, untuk masuk ke dalam sebuah system, dibutuhkan password, yang fungsinya untuk membatasi penyalahgunaan akses terhadap system kita. Salah satu contoh yaitu ketika kita menyalakan computer dan memasuki system operasi kadang dibutuhkan password untuk mengamankan isi dari system tersebut yang berupa data-data penting agar data-data tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain. Memilih password tentunya membutuhkan pemikiran khusus dan harus mengubah-ubah dalam setiap harinya. Jika tidak menggunakan password, sangatlah beresiko tinggi dan hal tersebut tidak dianjurkan, walaupun tanpa password itu memberikan kemudahan. Untuk menentukan password jangan kita anggap sepele, umumnya banyak orang menentukan password dengan mengambil dari tanggal-tanggal yang khusus, misalnya tanggal lahir, tanggal lahir istri/pacar, tanggal kelahiran anak dan sebagainya. Memang hal tersebut terlihat sepele, tetapi penting.

Terdapat  hal-hal yang sebaiknya kita tidak menggunakannya sebagai password.
·         Nama anda, istri/suami, anak, ataupun keluarga, nama komputer, alamat rumah, nomor telepon, atau plat nomor kendaran baik itu motor maupun mobil.
·         Tanggal lahir pribadi ataupun keluarga.
·         Kata-kata umum yang terdapat dalam kamus (bahasa Indonesia/Inggris).
·         Password dengan karakter sama yang diulang-ulang atau berurutan dalam penyebutan atau secara tata letak dalam keyboard. (contoh: 123…, asdf…, qwer…)

            Saat ini banyak sistem komputerisasi yang sudah diberikan kemampuan untuk menilai kuat atau lemahnya password yang kita buat. Contohnya, ketika password yang kita buat diperhitungkan tidak aman, komputer dapat menginformasikan bahwa password yang kita buat terlalu lemah. Untuk Menjamin sepenuhnya bahwa password yang telah kita buat tidak dapat ditembus adalah tidak mungkin.

Berikut ini merupakan kiat-kiat membuat password agar lebih aman.
·         Menggunakan kombinasi karakter dengan huruf kecil, besar, dan karakter khusus, seperti @,#,$. Contohnya: c0b4b4c4, tr4nsmut4t10n, b@mb4ng, m@5t3r.
·         Menggunakan batas panjang karakter secara maksimal, diusahakan lebih dari 8 karakter.
·         Jangan pernah menginformasikannya secara lisan, kemungkinan dapat didengar oleh orang lain. Curiga terhadap orang lain ataupun kurang percaya dengan orang lain adalah lebih baik daripada mengizinkan orang yang meragukan untuk memasuki wilayah keamanan kita. Kecuali memang jika terpaksa perlu ditulis, simpan di tempat aman (misalnya: dompet). Tetapi jika kita sudah hafal password, tulisan yang sudah dibuat itu harus segera dimusnahkan.
·         Bagi yang mempunyai account banyak. Misalnya dimilis, mail, atau messenger di Yahoo, MSN, ICQ, Gmail, Frendster, Plasa, Hotmail, blogger dsb. akan menyulitkan jika harus mengingat banyak password. Solusi menggunakan hanya satu password lebih disukai karena kita tinggal mengingat satu password untuk semua account. Kelemahannya, sekali diketahui maka akan berisiko dibobol. Solusi yang lain adalah menggunakan password bertingkat. Misalnya, kita buat password untuk 3 kriteria: (1) penting; (2) sedang; dan (3) tidak penting
·         Jangan lupa untuk selalu mengganti password secara berkala, agar jika ada orang yang pernah mengetahui atau mendengar password kita, tidak dapat menggunakannya.



Sumber
Ilmu Komputer.com

Tidak ada komentar: